Wednesday, January 2, 2013

Cara Budidaya Ikan Lele

Sebelumnya kita perkenalan dulu, karena Ada 4 macam ikan lele dumbo : lele dumbo jawa, lele dumbo asli, lele dumbo sangkuriang, dan lele dumbo piton.

Bentuk kolam/ukuran kolam : panjang, lebar dan ketinggian harus seimbang. Misalnya : jika panjang 5 m maka lebar 2,5 m. Dan ketinggian air maximal 50 cm dan minimal 30 cm. tinggi kolam 50 cm. atau asal ikan bisa terendam oleh air, setelah air di isi penuh tidak boleh lebih dari 1x24 jam. Untuk ini cukup untuk 2 induk. Untuk pemijahan induk tidak boleh lebih dari satu pasang kapasitas 1 jantan 1 betina atau 1 jantan 2 betina.

Memamfaatkan lahan yang betul-betul tidak dimanfaatkan, dimanapun lokasinya itu bisa dipake untuk ternak ikan lele.

Ukuran kolam atau bentuk kolam : panjang 5 m sama lebar 2,5 cm, tinggi 50 cm, ketinggian air maximal 50 cm, minimal 30 cm.

Atau 3 x 5 bisa juga nanti jadinya 2 x 4 ketinggian air itu cuman 40 cm, antara lebar dan panjang dan ketinggian air harus seimbang, itu berfungsi untuk menentukan keterampilan suhu pada posisi kolam.

Semakin air berubah menjadi warna hijau itu tidak bermasalah, malah justru semakin air berwarna hijau dan keruh maka pertumbuhan ikan akan cepat membesar.

No comments:

Post a Comment