Sunday, January 31, 2016

FAKTOR KEGAGALAN BUDI DAYA IKAN LELE

Salam sejahtera shabat tani semuanya. Ikan lele memang sedang naik daun masa kini dan pembudidaya nya semakin lama sampai sekarang semakin banyak, karena permintaan pasar pun semakin meningkat. Budi daya ikan lele memang bisa di budi dayakan di berbagai daerah karena lele cepat beradaptasi terhadap lingkungan jadi budi daya lele banyak digemari oleh para petani dan pengusaha sekaligus. Tapi yang bidang pertanian sayangkan adalah banyak yang pembudidaya lele berhenti di tengah jalan, karena dalam usaha pasti ada naik dan turunnya dan ada sukses pasti ada yang gagal. Maka dari itu bidang pertanian sangat menyarankan bagi pemula yang bau budi daya ikan lele seharusnya pelajari dan kenali dahulu prinsip-prinsip budi daya lele dan faktor-faktor kegagalan ikan lele, agar Anda siap untuk budi daya ikan lele tidak berhenti di tengah jalan. Karena banyak pengusaha lele yag akhirnya berhenti di tengah jalan begitu saja karena awalnya melihat orang lain yang duluan sukses di bidang budi daya lele dan akhirnya dia minat dan tergiur olehnya, tapi sayangnya dia tidak di pelajari dulu trik budi daya ikan lele tersebut dan tidak mengetahui faktor/penyebab kegagalan budi daya ikan lele tersebut. Yang akhirnya modal udah keluar banyak tapi kesuksesan pun atau yang di harapkannya tidak tercapai.
Dengan demikianlah bidang pertanian akan membahas tentang faktor kegagalan budi daya ikan lele

Tidak Mengetahui Bagian Sulitnya Budi Daya Lele

Kenapa saya bilang sebagai berikut, karena kebanyakan orang yang memulai usahanya dikarenakan tergiur oleh kenikmatan orang lain yang sudah duluan menjalankan usaha budi daya lele, tetapi tidak siap apa yang akan kita hadapi di kala kita memulai usaha budi daya lele.
Jadi buat pemula yang mau menjalankan usaha di bidang budi daya lele, seharusnya Anda jangan melihat kenikmatannya, tetapi Anda harus melihat perjuangannya dalam budi daya ikan lele. Supaya Anda tidak menyesal di kemudian hari. Jangan Anda menanyakan hasilnya budi daya ikan lele, tapi yang harus Anda tanyakan betapa seringnya naik turunnya berbudidaya ikan lele tersebut, supaya Sebelum Anda memulai usaha budi daya lele Anda akan siap dalam berbagai resiko yang akan Anda hadapi di kemudian hari. Anda harus ingat dalam usaha itu tidak selamanya indah tetapi ada masanya kita akan di ragukan dan bahkan bisa saja kita berhenti usaha tersebut, Supaya kita bisa menangani hal tersebut maka kita harus benar-benar siap dalam hal seperti itu pelajari dulu faktor-faktor kegagalan budi daya ikan lele tersebut. Bukannya saya menakuti Anda untuk memulai budi daya ikan lele, Tetapi saya tidak ingin Anda berhenti begitu saja di kala Anda sudah memulai usaha budi daya ikan lele. Saya harapkan Anda sukses selalu dalam budi daya ikan lele amin.

Faktor Kurangnya Pengetahuan

Di antaranya faktor kegagalan adalah kurangnya pengetahuan dalam budi daya ikan lele tersebut, Jika kita mau memulai usaha apa pun usahanya sebaiknya kita pelajari dulu dan terus mencari informasi dengan menanyakan kepada orang yang sudah pengalaman di bidangnya, ikutan dengan forum-forum, dari buku atau seperti yang Anda baca sekarang dari media sosial.

Tidak Memahami Ikan Lele

Perlu Anda ketahui ikan lele adalah ikan yang hidup alias punya nyawa, Jika Anda tidak memahami ikan lele dengan baik pastinya banyak kematian, Jika Anda sudah memulai usaha budi daya lele yang harus Anda ketahui adalah memahami sifat ikan lele tersebut, Anda harus mengetahui apa yang di inginkan ikan lele walaupun kita tidak bisa berkomunikasi dengan ikan, tapi kita masih bisa melihat gerak geriknya ikan. Kenapa kita tahu bahwa ikan lele akan mijah di air yang bening tidak di air yang keruh seperti itulah contohnya. Adanya pengetahuan seperti itu, karena dengan adanya uji coba dan terus mencari tahu dengan meneliti tingkah laku si ikan lele, pribahasa mengatakan guru yang paling pasti adalah pengalaman kita dalam menjalankan usaha tersebut, Jadi sambil Anda berjalan maka sebaiknya Anda terus mencari dan mencari pengetahuan baru tentang budi daya ikan lele.

Tidak Fokus Menjalankannya 

Kebanyakan yang gagal budi daya ikan lele di karenakan tidak fokus dalam usahanya. Jadi Anda sebagai pemula atau yang sudah berjalan di bidang usaha budi daya ikan lele jika ingin sukses adalah fokus dalam usaha tersebut. Karena banyak yang baru memulai kemudian sudah tergiur lagi dengan usaha yang baru-baru ini yang populer masa kini, padahal kesuksesan itu bukan di lihat dari yang lagi populernya usaha, tapi di lihat dari segi fokusnya menjalankan usaha tersebut, saya sudah bilang di atas bahwa kita harus mempelajari faktor perjalanannya usaha bidang budi daya lele, jangan cuma melihat dari populernya usaha tersebut.

Jangan Cuman Usaha Ikut-Ikutan

Di antaranya yang usaha  budi daya ikan lele berhenti di tengah jalan di karenakan usaha ikut-ikutan. Karena melihat temannya sukses di bidang usaha budi daya lele maka tergiurlah untuk memulai usaha budi daya lele.

Faktor Mudah Mengeluh

Di antaranya orang yang usahanya berhenti di tengah jalan adalah orang yang mudah mengeluh, Baru saja menemukan kendala sedikit langsung mengeluh dan akhirnya usahanya berhenti di tengah jalan, bukannya mencari informasi penyebabnya malah langsung mengeluh.

No comments:

Post a Comment