Saturday, March 2, 2013

JENIS JENIS TANAMAN PUPUK HIJAU

  • Pueraria Javanica
Tanaman ini asli Indonesia. Untuk menahan erosi, makanan ternak, mulsa tidak tahan pemangkasan yang sering, tumbuh lambat.
  • Calopogonium Muconoides
Dapat hidup 300-1000 m dpl, perbanyakan dapat dengan stek, 5 bulan setelah tanam dapat menutup tanah setebal 30-50 cm, umur 4-5 bulan hasil biomas dapat digunakan pula untuk makanan ternak.
  • Centrosema Pubesen
Dapat hidup pada 250-1000 m dpl, umur 6-10 bulan, setelah 4-6 bulan dapat menutup tanah setebal 30 cm. Agak memanjat, tahan pada musim kemarau.
  • Theprosia Vegelii/Candida
Hidup sampai ketinggian 1600 m dpl, daun beracun tinggi 1,5-2,5 tahan pangkas. (2-3 kali setahun)

Manfaat Larutn Tunas Tomat

Larutan tunas tanaman tomat ini berfungsi sebagai hormon perangsang pertumbuhan tanaman.
Bahan-Bahan :
  • Tunas tomat yang sehat dan masih lunak.
  • Gula (apabila menggunakan gula pasir maka pemakaiannya 10-20 % dari berat tunas tomat, apabila menggunakan gula merah maka pemakaiannya 30-40 %).
Cara Pembuatan :
  1. Tunas tomat dipotong-potong dengan ukuran 3 cm.
  2. Masukan ke dalam wadah lalu taburkan gula, kemudian tutup rapat.
  3. Setelah 3-5 hari tunas tomat akan mencair, dan baunya akan harum.
  4. Tambahkan air sampai permukaan tunas tomat, dibiarkan lagi kurang lebih 4-5 hari dan larutan tersebut siap digunakan.
Cara Penggunaan :
  1. Digunakan dengan perbandingan, larutan : air = 1 : 5 sampai 1 : 10 semprotkan langsung pada tanaman (sebaiknya disemprotkan pada tanaman sejenis). Diberikan sesuai dengan kebutuhan, tetapi secara rutin setiap 1 minggu. Kelemahan larutan ini adalah hanya dapat di simpan maksimal selama 10 hari.
  2. Larutan sejenis ini dapat pula dihasilkan dari tanaman lainnya, tetapi yang batang tulangnya tidak keras seperti timun, pare, dll. Dapat pula dikombinasikan, misalnya tunas tomat di campur dengan tunas timun atau lainnya, dapat pula dengan tanaman apotek hidup.
Contoh Gambaran Sederhana Pembuatan Larutan Tunas Tomat :

Selamat mencoba dan Sukses selalu amin....

    No comments:

    Post a Comment