Saturday, March 16, 2013

BAHAN BAHAN UNTUK MEMBUAT PESTISIDA ORGANIK

  • MINYAK JERUK
Minyak jeruk mengandung limonene dan linalool yang bisa memabukan serangga. Zat tersebut dapat memabukan serangga dan mampu merusak sistem syaraf serangga yang menyebabkan serangga teler, terutama untuk ulat pemakan daun, kumbangkolorado, aphid dan mite. Pada musang menyebabkan termor dan keluarnya air liur yang berlebihan.
Cara membuat larutan :
 Kulit satu butir jeruk direbus dengan air satu menit (0,568 liter air, kemudian dibiarkan semalam. Setelah 24 jam larutan dipisahkan dengan kulit jeruk, disaring, baru digunakan.
  • MARIGOLD (KENIKIR)
 
Dapat digunakan membunuh nematoda akar.
cara pembuatan :
Bunga kering diseduh pakai air panas, di diamkan sampai dingin baru disiramkan ke dalam tanah yang diduga terdapat nematoda akar.
Hama Nematoda biasanya menyerang pada tanaman Melon, Baca juga Tehnik Budidaya Melon
  • LARUTAN AKAR WORTEL
 
Mengendalikan kumbang pada buncis dan aphid pada kacang tanah.
Cara pembuatan :
Ambillah sejumput akar, dicacah, kemudian dicampur dengan 0,25 gelas air hangat dan di diamkan semalam. Keesokan harinya semua disaring dan ditambahkan satu sendok teh minyak sayur serta semprotkan pada tanaman kacang yang terkena hama tersebut di atas.
  • LARYTAN ABAI
 
Efektif untuk membasmi semut, root maggots dan serangga yang berukuran kecil.
Cara Pembuatan :
Segenggam cabai di blender dengan 1 liter air sampai halus kemudian di saring sebelum digunakan.
Catatan : Campuran larutan cabai dan bawang putih dapat mencegah datangnya kumbang pemakan daun, sebab aroma yang ditimbulkannya mampu mengacaukan indera penciuman serangga tersebut.
Baca juga Pembuatan pestisida organik dengan Bawang putih 
dan Cara Budidaya Cabai Lombok
  • LARUTAN TOMAT
 
Larutan pestisida dari daun tomat dapat mengendalikan beberapa ulat sekaligus, tetapi tidak efektif untuk ulat pemotong daun dan ulat tentara. Namun perlu diperhatikan penggunaan larutan yang terlalau pekat dapat mengakibatkan predator yang memangsa cacing ikut mati. Dan jangan menyemprotkan larutan daun tomat pada tanaman kentang. Terong atau cabai secara berlebihan, karena dapat menyebabkan timbulnya penyakit.
Cara Pembuatan :
Satu cangkir potongan daun tomat direndam semalam dengan 2 cangkir air. Saring dan untuk mengencerkannya ditambahkan lagi air paling sedikit 2 cangkir.
Baca juga artikel Tehnik Budidaya Tomat

No comments:

Post a Comment