Saturday, March 23, 2013

TIPS SUKSES BUDIDAYA MELON

Buah melon memang sangat di sukai oleh masyarakat Indonesia, jadi peluang besar bagi sahabat tani yang mau memulai usaha budidaya melon tersebut.
Jika Sahabat Tani ingin memulai usaha di bidang budidaya melon, sahabat tani harus tau tips-tips yang harus dilakukan sebelum memulai budidaya melon. Sekarang Bidang Pertanian akan membuka lebar tentang Tips sukses budidaya melon:

Syarat Tumbuh Melon

Pertama Sahabat Tani harus tau syarat-syarat tumbuhnya melon. Sebelum memulai Budidaya melon Anda harus tau Syarat-syaratnya dulu, karena melon tidak bagus di berbagai daerah, apakah daerah Anda cocok untuk untuk menanam melon atau sebaliknya? Jika Anda sudah mengetahui apakah bisa atau tidak di daerah Anda untuk budidaya melon. Anda sebaiknya  bisa memulainya dengan sekala kecil jangan langsung sekala besar jika Anda seorang pemula.

Pengolahan Tanah

Kedua Anda juga harus tau bagaimana cara pengolahan tanah yang baik untuk budidaya melon, Karena semua tanaman pasti berbeda-beda cara pengolahan tanahnya, kadar PH yang bagus untuk tanaman melon berapa, cara perawatan tanah yang bagus buat melon bagaimana, dll.

Persemaian

Ke tiga Anda harus mengetahui cara menyemai yang baik, Karena faktor kesuksesan budidaya  melon dari penyemaian jika penyemaian bagus kemungkinan budidaya melon akan berhasil alias sukses. 

Penanaman

Ke emat anda harus tau caranya penanaman yang baik untuk budidaya melon, karena melon perlu perlakuan khusus berbeda dengan tanaman lainnya. Jadi Anda harus mengetahui cara penanaman melon yang baik sebelum anda memulai usaha budidaya melon

Pemeliharaan

Ke lima Anda harus tau tentang bagaimana cara pemeliharaan melon yang baik, karena Melon ada perlakuan khusus dalam pemeliharaannya berbeda dengan tanaman yang lainnya. sebenarnya budidaya melon sangat gampang Jika Anda benar-benar menguasai Syarat-syaratnya,

Pengendalian Hama atau Penyakit

Yang ke enam ini adalah yang paling di takuti oleh para tani semuanya yaitu hama yang membuat kita gagal meraih kesuksesan budidaya melon tersebut. Karena itu Sahabat Tani sebelum memulai budidaya melon sebaiknya Anda harus mengetahui cara pengendalian hama/penyakit melon.

Gali Informasi

Nah yang ke tujuh ini selalu perlu dan takakan habisnya yaitu mengali informasi/pengetahuan tentang budidaya melon, Anda jangan malu bertanya pada orang yang sudah duluan di bidang budidaya melon. Atau Anda bisa cari informasinya lewat media sosial, Dan seperti yang Anda lakukan sekarang.

Berdoa 

Dan yang terakhir ini Anda jangan lupa untuk selalu berdoa karena kita cuma berusaha yang menciptakan semuannya adalah sang maha pencipta.

Go Sukses

Jika anda sudah memenuhi syarat-syarat yang di atas Insa Allah anda akan sukses budidaya melon, Selamat mencoba dan sukses selalu amin....

No comments:

Post a Comment