Wednesday, December 12, 2012

TENTANG PUPUK ORGANIK

Kompos basah / pupuk cair / ekihi, merupakan obat tradisional buat tanaman.
Mengenal pupuk cair :
- Ekihi ( Pupuk Cair ) tersebut dari bahan - bahan organik seperti rumput, ampas kedelai, dedak, dll.
- Pupuk cair berfungsi membantu merangsang tumbuhan tanaman.
- Pupuk cair dapat digunakan sebagai pupuk dasar dan pupuk susulan ( dapat dikombinasikan dengan kompos kering / bokashi ).
Ekihi dapat dibuat dengan berbagai cara dan banyaknya pun berpariasi.
Berikut adalah beberapa cara pembuatan Ekihi :
CARA 1 :
  1. Rumput hijau ( bila ada batang kacang kedelai ) secukupnya
  2. Ampas kedelai 1-1,5 Kg.
  3. Dedak 10-15 Kg.
  4. Drum 200 liter ( sebagai tempat penampungan ) 10-15 Kg.
Cara Pembuatan :
Masukan rumput ke dalam drum setebal kurang lebih 15 cm, taburkan sebagian ampas kedelai dan dedak. Hal tersebut diulang sampai bahan mencapai setengah drum. Kemudian masukan air sampai penuh. Bahan tersebut disimpan sampai kurang lebih 2 minggu, dan setiap hari dilakukan pengadukan. Pada waktu penyimpanan ditutup rapat agar tidak mengundang lalat karena ekihi memiliki bau khas. Apabila cairan telah habis terpakai dapat ditambah air lagi sampai 2 kali penambahan, sama cara seperti pertama kali pembuatan.
Dan jangan lupa dipakai setelah jadi kurang lebih sudah dua minggu.
Cara Pemakaian :
Larutan di encerkan dengan perbandingan, ekihi : air = 1: 20 ( tergantung situasi tanaman ). Ekihi dapat dipergunakan pada setiap jenis tanaman, tetapi yang paling cocok untuk tanaman buah - buahan. Ekihi sangat diperlukan tanaman pada masa vegetatif.
CARA 11 :
Bahan - bahan yang dibutuhkan dari tanaman pupuk hijau ( puhi ). Dan yang sering digunakan adalah Johar ( Cassia  siamen ), gamal ( Giiricidia sepium ), lamtorogung ( Leucaena leucocephala )
Cara Pembuatan :
Daun - daurumn tanaman puhi dimasukan kedalam karung ( sebaiknya karung goni ), masukan ke dalam drum lalu diisi air sampai penuh. Setelah disimpan selama 2 minggu pupuk siap digunakan. Tambahkan air kembali apabila larutan telah habis. Setelah beberapa kali penambahan air, isi karung diganti dengan daun - daunan segar, sedangkan daun - daunan yang telah terpakai dapat dipergunakan sebagai mulsa.
Pada waktu pemakaian campuran pupuk cair dengan 3 bagian air. Pupuk cair ini dapat menyediakan unsur Fe ( besi ), Ca ( Calsium ), Mg ( Magnesium ), Zn ( Seng ). Pemupukkan diberikan pada tanaman berumur 2 - 3 minggu setelah masa perkecambahan atau transplanting. Dilakukan setiap 2 - 3 minggu sesuai dengan kebutuhan.
Sekian dan trimakasih, semoga bermanfaat.....

No comments:

Post a Comment