Sunday, December 16, 2012

TEKNIK PERTANIAN ALAMIAH BIDANG PERTANIAN

Teknik pertanian alamah dilihat dari proses kesuburan tanah yang alamiah, banyak terjadi di daerah gunung, pegunungan, hutan, yang mempunyai kesuburan tanah melalui proses alamiah.
Mengapa daerah tesebut dapat subur dengan sendirinya :
  1. Karena banyak pohon-pohon dan daun-daun yang gugur di sekitarnya dan menutup tanah dengan sendirinya.
  2. Lama kemudian daun tersebut membusuk dan menjadi humus. Hal ini terjadi karena kerja mikro organisme dan zat pembusuk lainnya. Proses ini terjadi terus menerus yang menjadikan tanah tersebut menjadi subur.
Hal tersebut dapat kita terapkan dalam melaksanakan pertanian alamiah.

Siklus Penguraian Bahan Organik
Contoh gambarannya. Maaf sebelumnya jika gambarnya jelek, tapi yang penting bisa di mengerti maksud dan tujuannya.
Apabila kita telah kembali, adanya pegunungan berbagai macam bahan-bahan kimia untuk meningkatkan Kuantitas hasil pertanian, maka siklus di atas tidak dapat terjadi secara sempurna, sehingga akan mengacau timbulnya kerusakan alam yang tidak dapat dihindarkan.
Zat Hara Dan Pupuk
Tanaman membutuhkan unsur-unsur hara dengan susunan dan perbandingan tertentu dalam proses pertumbuhan dan produksinya. Dalam hal ini pupuk dasar sebagai penyedia dan pengganti unsur hara tersebut, dengan tetap mempertimbangkan unsur hara tanah.
Pemberian pupuk yang paling penting adalah pada saat setelah panen, karena pada masa pembungaan dan pembuahan, banyak sekali unsur-unsur hara di dalam media tanah yang terserap oleh tanaman. Untuk mengganti unsur-unsur hara yang telah habis terpakai oleh tanaman inilah pemupukan tanaman yang tepat perlu dilakukan. Pemupukan yang benar dapat diartikan dengan pemupukan yang seimbang unsur-unsurnya. Pupuk diberikan dengan jumlah cukup, sesuai dengan dosis atau sesuai dengan gejala kekurangan unsur yang ditunjukan tanaman pada suatu saat.

No comments:

Post a Comment