Saturday, December 15, 2012

PENYAKIT HAMA BIDANG PERTANIAN

Mengenal Penyakit dan hama

Halo sahabat tani kali ini saya akan menjelaskan tentang penyakit hama tumbuhan, langsung saja sahabat tani kita ke tujuan utama kita.
Sahabat tani mungkin sering mendengar atau sering merasakan bahwa tanaman - tanaman sering terserang penyakit hama, karena jika tanaman kita terserang penyakit hama kemungkinan besar akan menimbulkan kerugian yang besar terhadap sahabat tani semua. Maka dari itu sahabat tani perlu mengetahui jenis penyakit hama dan cara pengendalian hama dan penyakit tersebut.
Tanaman melon tidak terlepas dengan kata Hama dan Penyakit, Sekarang sahabat tani akan menyebutkan satu persatu hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman melon di antaranya :
  • Kutu daun
Kutu daun ini menghisap cairan daun sehingga menghambat pertumbuhan tanaman melon sahabat tani, hama ini alias kutu daun bisa menyebarkan penyakit virus yang sangat membahayakan tanaman melon sahabat tani semua, jadi kita harus tau bagaimana cara pengendalian hama kutu daun tersebut. Nah jika tanaman melon sahabat tani semua terserang hama ini alias si kutu daun maka pengendaliannya dengan : Marshal, curacron atau insectisida yang lain.
  • Ulat daun dan ulat buah
Nah sahabat tani kalau hama ini biasanya memakan daun dan kulit buah melon tersebut sehingga buah melon sahabat tani semua cacat/berlubang dan kualitas buahnya kurang baik. Nah cara pengendalian hama tersebut dengan menggunakan : tribon, ketindo, estap atau insektisida yang lain.
  • Lalat buah
Hama ini alias si lalat buah biasanya menyerang buah dengan menusuk buah sehingga buah cacat dan busuk sahabat tani. Lalat ini menyerang buah pada saat masih muda/atau setelah gantung buah.
Nah jika tanaman melon sahabat tani semua terserang hama lalat buah maka pengendaliannya dengan menggunakan obat furadan di tabur di atas mulsa, disepray dengan rizotin atau insektisida yang lain.
Nah sekarang penyakit yang suka menyerang tanaman melon diantaranya yaitu :
  • Karat daun
Penyakit karat daun yaitu cendawan yang menyerang daun, yang mula-mula daun terdapat bercak ke kuning-kuningan dan meluas sehingga menjadi kecoklatan warna daunya.
Nah cara pengendaliannya dengan menggunakan fungisida seperti : Dithane M45, daconil, ridomil MZ, rovral atau fungisida yang lain.
  • Penyakit Embun Tepung
Biasanya penyakit ini menyerang permukaan daun yang terdapat trotol-trotol putih seperti taburan tepung, lama-lama menjadi kering daunya.
Cara pengendaliannya dengan menggunakan : Morestan dan rubigan.
  • Penyakit layu
Penyakit layu juga sering menyerang tanaman melon yang di sebabkan bakteri dan cendawan.
Penanggulangannya dengan melakukan : Persiapan lahan yang baik, pemakain pupuk kandang yang sudah jadi, dan pemakaian dolomit seperti anjuran atau dikocor dengan bactochyn pada lubang tanaman, sebelum tanaman di tanam.
Sekian dulu sahabat tani, jadi jangan takut untuk budidaya tanaman melon, jika sahabat tani belum tau cara budidaya tanaman melon pelajari dahulu tentang cara budidaya tanaman melon.

No comments:

Post a Comment