Friday, January 29, 2016

CARA BUDIDAYA IKAN KOI

Ikan koi sangat di gemari oleh para pencinta ikan hias dan harganyapun sangat lumayan, jadi baik bagi kita yang mau memulai usaha budidaya ikan koi karena peluang masih cukup besar. Dan caranyapun sangatlah mudah dan kuat dengan berbagai cuaca tidak mudah terserang penyakit ikan. Perawatannyapun cukup mudah dan sederhana bagi pemula juga pasti bakalan bisa. Jadi Anda sebagi pemula jangan takut berbudidaya ikan kio, lakukan dari mulai sekarang dan rasakan kesuksesannya.

Cara Pemijahan Ikan Koi

Pemijahan koi sebenarnya sangatlah mudah, bisa di kolam tanah atau kolam tembok dan bisa juga di kolam terpal. Ciri-ciri ikan koi siap di pijahkan di antaranya :
  1. Betina perutnya kelihatan lebih besar 
  2. Jantan Jika kita di pegang perutnya akan mengeluarkan cairan putih
  3. Bandingannya 1 betina bisa dengan 3-4/lebih jantannya
Pemijahan ikan koi sebaiknya dari indukan yang berwarna biasa saja jangan yang terlalu bagus, karena biasanya jika indukan warnanya setandar akan menghasilkan keturunan yang berwarna bagus, dan warnanya sangat mengkilap dan rapi. Dan jangan lupa jika betina 1 ekor jantannya harus banyak supaya telurnya terbuahi semuanya, karena 1 ekor betina akan mengeluarkan ribuan telurnya, dan jika kekurangan jantannya maka telur akan banyak yang tidak terbuahi oleh si jantan tersebut. Jadi bidang pertanian sangat menyarankan Anda jika akan memijahkan ikan koi sebaiknya jantannya banyak agar telurnya bagus dan terbuahi semuanya, dan juga warna keturunannya akan banyak pilihan.
Jika Anda akan memijahkan ikan koi di media kolam terpal maka sediakan injuk atau serabut kelapa untuk tempat menempelnya telur-telur ikan koi tersebut.

Tahap Perawatan Telur

Dalam perawatan telur sebaiknya Anda memisahkan telur-telur dengan indukannya agar si telur tidak terganggu oleh induknya dan perawatan lebih mudah, Telur koi biasanya akan hidup setelah kurang lebih 3 hari. Pemberian pakan setelah ikan berumur 6 hari maka kita siap pemberian pakan, pakan pertama biasanya menggunakan cacing sutra atau bisa di bilang cacing rambut. Jika ikan koi sudah 1 bulan maka kita akan melanjutkan ke tahap pendederan.

Tahap pendederan ikan koi

Dalam masa pendederan lebih baik menggunakan kolam tanah, supaya pertumbuhannya cepat.
Caranya kolam tanah kita rabuk dullu dengan kotoran ayam kemudian kita rendam dalam jangka 1 minggu setelah 1 minggu baru ikan koi siap di dederkan ke dalam kolam tersebut.

Tahap Penyortiran

Selanjutnya setelah ikan koi udah 1 bulan berada di kolam pendederan alias kolam tanah yang di rabuk kotoran ayam tersebut, maka kita mulai penyortiran ikan koi, kita pindahkan antara ikan koi yang warnanya bagus dan yang biasa-biasa saja, karena warna ikan koi yang menentukan murah atau mahalnya ikan koi. Jadi kita pisahkan antara ikan koi yang berkualitas dan yang tidak. Karena dalam 1 pemijahan tidak semuannya kan mendapatkan keturunan ikan koi yang berwarna bagus, dari situlah perlunya pendederan.

Catatan :

Sebenarnya pemijahan ikan koi sangatlah mudah tidak ada hal-hal yang khusus.yang paling di perhitungkan dalam berbudidaya ikan koi adalah bagai mana dan gimana supaya kita menghasilkan keturunan ikan koi bisa memiliki warna-warna yang berkualitas. Jika anda kepingin tau maka Anda harus bereksperimen dan terus coba sampai Anda mengetahui bagai mana supaya kita bisa menghasilkan ikan koi yang berwarna bagus atau yang di harapkan oleh pencinta ikan koi. Itu adalah PR bagi pemijah ikan koi. Jika Anda berhasil menemukan caranya maka pundi-pundi rupiahpun sudah ada di depan Anda. Selamat mencoba dan sukses selalu.
Jangan lupa baca juga Artikel yang bersangkutan perikanan di bawah berikut :
Cara Budidaya Ikan Sidat
Faktor Kegagalan Merawat Telur Ikan
Tips Sukses Budidaya Gurami

No comments:

Post a Comment