Saturday, January 23, 2016

CARA MEMBUAT PAKAN AYAM DENGAN BIAYA MINIM

Salam sejahtera sahabat tani semuanya kali ini bidang pertanian akan membahas sedikit tentang cara membuat pakan ayam kampung dengan biaya yang sangat minim.
Karena semakin lama harga pakan ayam semakin mahal, maka dari itu supaya kita tidak merugi dalam usaha ternak ayam kampung maka kita harus bisa mengolah pakan sendiri, apalagi kita bisa membuat pakan ayam dengan biaya yang sangat minim. Nah kali ini bidang pertanian akan membeberkan tentang cara membuat pakan ayam kampung super dengan biaya yang sangat minim.
Sebenarnya sangatlah banyak di sekitar kita bahan-bahan yang bisa kita jadikan campuran pakan ayam kampung super di antaranya :

Memanfaatkan daun singkong

Daun singkong sangat baik bagi pertumbuhan dan bobot ayam kampung super, dan biayanya juga sangat minim bahkan bisa dengan gratis untuk mendapatkannya apabila kita punya tangkai singkong sendiri.
Caranya :
  • Pertama kita cincang dulu daun singkong yang udah tua sampai menjadi berukuran kecil-kecil, sebanyak-banyaknya tergantung jumlah ayam yang kita miliki. Dan juga bisa dengan cara daun singkong di keringkan terlebih dahulu kemudian kita remas-remas sampai menjadi butiran kecil-kecil, dan juga cara ini bisa membuat sekala besar dalam sekaligus karena daun singkong yang sudah di keringkan bisa kita simpan selama mungkin, jadi saya menyarankan jika anda sebagai ternak ayam kampung super dalam sekala besar lebih baik Anda menggunakan cara pengeringan daun singkong untuk di jadikan bahan tambahan pakan ayam jawa super. Karena saya punyanya dalam sekala kecil maka saya langsung dengan media mencincang daun singkong tersebut sampai berukuran kecil-kecil
    Nah ini untuk pemberian langsung tanpa adanya pengeringan terlebih dahulu.
  • Dan yang kedua kita bisa dengan bekatul untuk campurannya, perbandingannya terserah Anda jika pingin lebih minim biaya yang pasti daun singkong yang lebih banyak.
  • Kemudian kita campurkan dua bahan tersebut sampai merata
     
  • Kemudian aduk sampai merata, samapai seperti gambar di bawah berikut..
 

  •  Yang terakhir kita kasih air hangat dan aduk sampai merata sampai basah sekitar 60%. Gunanya air panas supaya membunuh bakteri yang ada di daun singkong tersebut, kemudian dinginkan sebelum kita kasih pada ayam kita, setelah dingin baru deh kita kasih pakan tersebut pada ayam kesayangan kita.
    Catatan :
Pakan ini bisa di kasih pada ayam yang sudah berumur 1 bulan, jadi tetap saja pakan yang baru netas sampai berumur 1 bulan kita kasih pakan yang dari pabrik, karena masih masa pengopenan dan masih belajar memakan sesuatu, jadi ya kita harus mengeluarkan agak tebel tuh modal pakan dalam jangka 1 bulan tersebut,gambar di atas  yang punya saya itu baru umur 2,5 bulan dan beratnya paling besar ada yang 1,5 Kg paling kecil beratnya 8 ons, lumayankan, coba kalo kita sekala besar benar-benar serius usaha ternak ayam kampung super, jadi penghasilan lebih lipet deh.
Sekian dan terimakasih, selamat mencoba dan salam sukses selalu.

No comments:

Post a Comment