Thursday, January 28, 2016

CARA BUDIDAYA IKAN SIDAT

Kali ini bidang pertanian akan menjelaskan tentang budidaya ikan sidat, Ikan sidat adalah salah satu usaha yang banyak digemari karena banyaknya permintaan pasar dan harganya sangat mahal, dan masih jarang orang yang berbudidaya ikan sidat tersebut. Jadi cukup menjanjikan usaha budidaya ikan sidat ini karena peluangnya sangatlah besar.
Ada beberapa tahapan yang perlu kita ketahui tentang bagaimana cara budidaya ikan sidat yang baik :

Budidaya Ikan Sidat di Kolam Terpal

Sebenarnya budidaya ikan sidat tidak harus di media kolam terpal, masih banyak cara-cara dan jenis-jenis media untuk budidaya ikan sidat. Tapi kali ini bidang pertanian akan membahas cara budidaya ikan sidat di kolam terpal, karena kolam terpal sangat banyak ke unggulannya di banding dengan kolam-kolam yang lainnya di anataranya :
  1. Ikan sidat tidak berbau tanah
  2. Mudah membersihkan kolam terpal tersebut
  3. Dan bisa di lakukan di tempat yang kekurangan lahan
  4. Biaya pembuatan kolam lebih minim di bandingkan dengan media yang lain
  5. Simpel dan sangat mudah
Cara pembuatan kolam terpal sangatlah mudah, pembuatan kolam terpal anda bisa memakai media bambu untuk rangka atau pinggiran kolamnya, Sebaiknya kita jugua menyiapkan tutup kolam tersebut dengan menggunakan anyaman dari bambu untuk menjaga dari predator-predator yang memangsa ikan sidat tersebut. Untuk ukurannya tergantung banyak sedikitnya ikan sidat yang akan kita di budidayakan, jika kita membeli benih sidat berukuran 0,17 gram/ekor dengan jumlah kepadatan untuk masing-masing tempat pemeliharaan sekitar 6 ekor per 1 liter air.
Sampai sekarang masih belum ada yang bisa memijahkan ikan sidat tersebut, jadi untuk berbudidaya ikan sidat sekarang masih proses manual atau benihnya masih dari alam aslinya, Jadi sangatlah perlu mengetahui tahapan-tahapan budidaya ikan sidat tersebut, karena ikan akan di budidayakan di alam buatan alias kolam terpal.
Budidaya ikan sidat Ada tiga tahapan yang perlu kita ketahaui tahapan pendederan 1, tahapan pendederan 2, dan tahapan pembesaran.

 Tahapan Pendederan Pertama

Dalam tahapan pertama kita akan dipokuskan cara bagaimana ikan sidat bisa beradaptasi dari alam ke kolam buatan kita alias kolam terpal. atau bisa di sebut tahap pengenalan benih ikan sidat supaya bisa beradaptasi dengan kondisi alam buatan (kolam terpal) dan supaya bisa mengkonsumsi pakan buatan, bukan pakan alam

Tahapan Pendederan Kedua

Tahapan kedua kita akan di haruskan untuk menghasilkan ikan sidat sampai 10 grm/ekor.
Nah dalam tahapan kedua setelah kita bisa mempelajari tahapan satu alias bagaimana caranya mengadaptasikan ikan sidat tersebut kedalam kolam buatan, Tahapan kedua kita akan di tuntut bagaimana ikan sidat bisa mencapai kurang dari 10 gram/ekornya. jika ikan sidat kurang dari 10 gram/ekornya maka kita akan melanjutkan ke tahap ketiga yaitu pembesaran.

Tahap Pendederan Pembesaran

Dalam tahap pembesaran Anda akan di haruskan ikan sidat sampai berukuran 200 gram ke atas per ekornya. dalam tahapan pembesaran kita akan membutuhkan kolam yang besar.
Untuk mendapatkan sidat konsumsi dari ukuran 200 gram/ekor kita akan membutuhkan waktu kurang lebih 5 bulan, dalam tahapan ini kita akan di haruskan memperhatikan suhu air kolam sidat tersebut, diharuskan untuk volume pergantian airnya minimal 300%setiap hari, supaya suhu airnya tetap terjaga pada kisaran 29-31 drajat C, Sebagaimana ikan sidat berada di alamnya.
Sekian tentang penjelasan singkat tentang budidaya ikan sidat
Baca juga artikel tips sukses budidaya gurami


No comments:

Post a Comment