Sunday, January 24, 2016

CARA MERAWAT DOC AYAM KAMPUNG SUPER

Salam sukses sahabat tani semuanya kali ini bidang pertanian akan cerita sedikit tentang pengalaman cara merawat doc ayam kampung super, Jalan kesuksesan berbeda-beda ada yang sukses usaha di bidang perikanan, pertanian dan juga di bidang ternak ayam kampung super. Jadi intinya adalah bagaimana kita cara merawat usaha kita, apakah sudah benar-benar apa belum itu yang harus kita tanyakan pada diri kita, apapun usahanya.
Nah kali ini bidang pertanian akan cerita sedikit tentang pengalaman cara merawat doc ayam kampung
  • Persiapan tempat
Sebelumnya kita harus persiapkan dulu untuk tempat DOC ayam kampung sebelum kita membeli DOC ayam kampung tersebut, agar bisa semaksimal mungkin dalam perawatannya.
Perawatn DOC ayam kampung beda dengan perawatan ayam yang sudah dewasa, karena merawat DOC ayam kampung ada prilaku yang khusus di antaranya :
  1. Box untuk menampung DOC tersebut, kita harus membuat box untuk perawatan awal DOC, pembuatan box seharusnya dari bahan-bahan yang tertutup yang tidak berlubang-lubang seperti dari triplek, dll. dan ukuran tergantung jumlah DOC yang kita punya. Jadi sebelum membeli DOC ayam sebaiknya kita buat dulu boxnya biar entar tahu harus berapa ekor yang akan kita beli tergantung ukuran boxnya. 
  2. Kasih Koran di dalamnya biar mudah dalam pembersihan, terus taburkan sedikit sekam padi biar agak hangat. Karena kita harus membersihkan box tersebut 1 minggu sekali agar terjaga kebersihannya dan menghindari adanya penyakit/hama yang menyerang DOC ayam kampung.
  3. Jangan lupa kasih pemanas buatan dengan menggunakan lampu, karena suhu untuk perawatan DOC harus setabil sekitar 30 Drajat C jangan sampai kurang atau lebih, karena akan mengakibatkan setresnya pada ayam dan kemungkinan akan menimbulkan kematian. Jadi penting dalam pemanasan dan menjaga suhu tersebut. Gunakanlah pengukur suhu ruangan dan kapsul otomatis pengukur suhu biar suhu bisa setabil.
  4. Jangan lupa si box harus ada pintu biar bisa buka tutup, karena jika di malam hari si box harus tertutup, karena biasanya penyakit ayam akan menyerang pada malam hari, jadi tutuplah pada malam hari serapat mungkin dan beri udara secukupnya saja.
  5. Dan jangan lupa box harus di tempatkan yang terkenia sinar matahari pagi, karena DOC butuh pemanas alami dari matahari dan paling bagus di pagi hari, Jadi biarkanlah DOC di jemur pada pagi hari selama 1 jam. biar daya tahan tubuhnya kuat dan kekar dan juga tidak kelihatan pucat kulitnya.
    Sekian penjelasan singkat Tentang Cara merawat DOC ayam kampung super, saya ceritakan poin-poin pentingnya saja dan yang lainnya pasti sudah pada tahu.







     

No comments:

Post a Comment